Kamis, 26 November 2009

RPP PERKAKAS TANGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Kompetensi Produktif Pertemuan Ke : 1
Kelas/Semester : IX / 1 Alokasi Waktu : 7 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Melakukan Pekerjaan Tangan
Kompetensi Dasar : Identifikasi peralatan perkakas tangan
Indikator : Mengenal peralatan perkakas tangan dan fungsinya


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa terampil dalam mengidentifikasi peralatan perkakas tangan

II. Materi Ajar :
• Mengenal peralatan perkakas tangan

III. Metode Pembelajaran :
• Penjelasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
• Kegiatan Awal : Penjelasan teori tentang peralatan perkakas tangan
• Kegiatan Inti : Mengidentifikasi peralatan perkakas tangan
• Kegiatan Akhir : Mengelompokkan peralatan perkakas tangan

V. Alat/sumber belajar :
• Peralatan Gambar ( Penggores, Penitik dsb )
• Peralatan potong ( gergaji, kikir, pahat , tap , snei dsb )
• Peralatan Bantu ( palu, ragum maja perata dsb )
• Peralatan Ukur ( mistar siku, mistar baja, jangka sorong dsb )
• Buku Menggunakan Perkakas Tangan

VI. Penilaian :
Tugas individu dan tes perbuatan











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Kompetensi Produktif Pertemuan Ke : 2
Kelas/Semester : IX / 1 Alokasi Waktu : 46 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Melakukan Pekerjaan Tangan
Kompetensi Dasar : Identifikasi peralatan perkakas tangan
Indikator : Menggunakan Peralatan perkakas tangan


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa terampil dalam menggunakan peralatan perkakas tangan

II. Materi Ajar :
• Menggunakan Peralatan Gambar ( Penggores, Penitik dsb )
• Menggunakan Peralatan potong ( gergaji, kikir, pahat , tap , snei dsb )
• Menggunakan Peralatan Bantu ( palu, ragum maja perata dsb )
• Menggunakan Peralatan Ukur ( mistar siku, mistar baja, jangka sorong dsb )

III. Metode Pembelajaran :
• Penjelasan dan Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
• Kegiatan Awal : Penjelasan teori tentang cara menggunakan peralatan perkakas
tangan
• Kegiatan Inti : Praktek menggunakan peralatan perkakas tangan
( job sheet terlampir )
• Kegiatan Akhir : Membersihkan / merawat peralatan perkakas tangan

V. Alat/sumber belajar :
• Peralatan Gambar ( Penggores, Penitik dsb )
• Peralatan potong ( gergaji, kikir, pahat , tap , snei dsb )
• Peralatan Bantu ( palu, ragum maja perata dsb )
• Peralatan Ukur ( mistar siku, mistar baja, jangka sorong dsb )
• Job sheet

VI. Penilaian :
Tugas individu dan tes perbuatan







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Kompetensi Produktif Pertemuan Ke : 3
Kelas/Semester : IX / 1 Alokasi Waktu : 7 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Melakukan Pekerjaan Tangan
Kompetensi Dasar : Identifikasi peralatan perkakas tangan
Indikator : Merawat dan menyimpan peralatan perkakas tangan


I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa terampil dalam merawat dan menyimpan peralatan perkakas tangan

II. Materi Ajar :
• Menggunakan Peralatan Gambar ( Penggores, Penitik dsb )
• Menggunakan Peralatan potong ( gergaji, kikir, pahat , tap , snei dsb )
• Menggunakan Peralatan Bantu ( palu, ragum maja perata dsb )
• Menggunakan Peralatan Ukur ( mistar siku, mistar baja, jangka sorong dsb )

III. Metode Pembelajaran :
• Penjelasan dan Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
• Kegiatan Awal : Penjelasan teori tentang cara merawat dan menyimpan
peralatan perkakas tangan
• Kegiatan Inti : Praktek merawat dan menyimpan peralatan perkakas tangan
• Kegiatan Akhir : Melakukan pendataan peralatan perkakas tangan

V. Alat/sumber belajar :
• Peralatan Gambar ( Penggores, Penitik dsb )
• Peralatan potong ( gergaji, kikir, pahat , tap , snei dsb )
• Peralatan Bantu ( palu, ragum maja perata dsb )
• Peralatan Ukur ( mistar siku, mistar baja, jangka sorong dsb )

VI. Penilaian :
Tugas individu dan tes perbuatan




M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar