Kamis, 26 November 2009

RPP MELAKUKAN PERHITUNGAN DASAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Melakukan Perhitungan Dasar
Kompetensi Dasar : Menerapkan Empat Aturan Dasar Kalkulasi
Indikator : Kalkulasi sederhana dilakukan dengan menggunakan empat Aturan dasar, penambahan, pengurangan, perkalian, & pembagian
Pertemuan Ke- : 1 s/d 10
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Siswa dapat melakukan kalkulasi sederhana dengan menggunakan empat aturan dasar, penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara manual dengan bantuan kalkulator.
 Siswa dapat menerapkan konsep kalkulasi sederhana untuk panjang, keliling, luas dan volume.

II. MATERI AJAR
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk penambahan.
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk pengurangan.
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk perkalian.
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk pembagian.
 Penerapan konsep kalkulasi sederhana untuk panjang ,keliling, luas dan Volume

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
 Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
 Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
 Melaksanakan penghitungan-penghitungan diarahkan pada persoalan-persoalan yang di area kerja dan bersifat aplikatif.
 Memahami penghitungan dengan menggunakan empat aturan dasar, penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
 Menghitung dengan menggunakan empat aturan dasar, penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
c. Kegiatan Akhir
 evaluasi materi yang telah diberikan.
 Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Modul M2.71C10

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Melakukan Perhitungan Dasar
Kompetensi Dasar : Menerapkan Empat Aturan Dasar Kalkulasi
Indikator : Konsep dapat dipahami serta kalkulasi sederhana yang menyangkut panjang, keliling, luas dan volume dapat dilaksanakan.
Pertemuan Ke- : 11 s/d 20
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Siswa dapat melakukan kalkulasi sederhana dengan menggunakan empat aturan dasar, penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara manual dengan bantuan kalkulator.
 Siswa dapat menerapkan konsep kalkulasi sederhana untuk panjang,keliling, luas dan volume.

II. MATERI AJAR
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk penambahan.
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk pengurangan.
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk perkalian.
 Empat aturan dasar kalkulasi untuk pembagian.
 Penerapan konsep kalkulasi sederhana untuk panjang ,keliling, luas dan Volume

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
 Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
 Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
 Mengarahkan penghitungan-penghitungan pada persoalan-persoalan yang di area kerja dan bersifat aplikatif.
 Memahami konsep penghitungan sederhana menyangkut panjang, keliling, luas dan volume.
 Menghitung sederhana menyangkut panjang, keliling, luas dan volume sesuai dengan konsep.
c. Kegiatan Akhir
 evaluasi materi yang telah diberikan.
 Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Modul M2.71C10

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Melakukan Perhitungan Dasar
Kompetensi Dasar : Melakukan penghitungan dasar yang menyangkut pecahan
dan desimal
Indikator : Kalkulasi sederhana yang menyangkut pecahan dan bilangan campuran meng-gunakan empat aturan dasar dapat dilakukan.
Pertemuan Ke- : 21 s/d 30
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Siswa dapat melakukan Perhitungan dasar untuk pecahan dan desimal
 Siswa dapat melakukan Pengkalkulasian sederhana menggunakan empat aturan dasar

II. MATERI AJAR
 Perhitungan dasar untuk pecahan.
 Perhitungan dasar untuk desimal.
 Pengkalkulasian sederhana dengan menggunakan empat aturan dasar.
 Pengkalkulasian sederhana untuk pecahan.
 Pengkalkulasian sederhana untuk desimal.

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
 Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
 Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
 Mengarahkan perhitungan-perhitungan pada persoalan-persoalan yang bersifat praktis yang ada di area kerja/workshop.
 Mengarahkan perhitungan-perhitungan pada persoalan-persoalan yang ber-sifat praktis yang ada di area kerja/ workshop.
 Memahami penghi-tungan sederhana menyangkut pecahan dan bilangan campur-an menggunakan empat aturan dasar.
c. Kegiatan Akhir
 evaluasi materi yang telah diberikan.
 Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Modul M2.71C10

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Melakukan Perhitungan Dasar
Kompetensi Dasar : Melakukan penghitungan dasar yang menyangkut pecahan
dan desimal
Indikator : Kalkulasi sederhana yang menyangkut pecahan ,decimal dan bilangan campuran dengan meng-gunakan empat aturan dasar dapat dilakukan.
Pertemuan Ke- : 31 s/d 40
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Siswa dapat melakukan Perhitungan dasar untuk pecahan dan desimal
 Siswa dapat melakukan Pengkalkulasian sederhana menggunakan empat aturan dasar

II. MATERI AJAR
 Perhitungan dasar untuk pecahan.
 Perhitungan dasar untuk desimal.
 Pengkalkulasian sederhana dengan menggunakan empat aturan dasar.
 Pengkalkulasian sederhana untuk pecahan.
 Pengkalkulasian sederhana untuk desimal.

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan
.
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
 Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
 Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
 Memahami penghi-tungan menyangkut pecahan ,desimal dan bilangan campuran menggunakan empat aturan dasar.
 Menghitung seder-hana menyangkut pecahan dan bilangan campuran mengguna-kan empat aturan dasar.
 Menghitung menyangkut pecahan ,desimal dan bilangan campuran mengguna-kan empat aturan dasar.
c. Kegiatan Akhir
 evaluasi materi yang telah diberikan.
 Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Modul M2.71C10

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar