Sabtu, 28 November 2009

RPP MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar
Kompetensi Dasar : Menentukan persyaratan kerja
Indikator : 1. Persyaratan kerja dipahami
2. Mesin yang sesuai dipilih untuk memenuhi kebutuhannya
Pertemuan Ke- : 1 s/d 2
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Siswa dapat Memahami persyarat-an kerja.
 Siswa dapat Memahami pemilihan mesin yang sesuai dengan pekerjaan

II. MATERI AJAR
• Persyaratan kerja.
• Pengidentifikasian pemilihan mesin yang sesuai dengan pekerjaan

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.
d. Praktek.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
 Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
 Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
• Memahami persyarat-an kerja.
• Memahami pemilihan mesin yang sesuai dengan pekerjaan
c. Kegiatan Akhir
• evaluasi materi yang telah diberikan.
• Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
• Modul M7.32A
• Job Sheet
• Mesin perkakas
• Alat potong
• Benda Kerja

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan
> Hasil Praktek




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar
Kompetensi Dasar : Mempersiapkan mesin
Indikator : a. Alat-alat dipilih jika diper-lukan.
b. Alat potong diasah sesuai keperluannya.
c. Perkakas dipasang dengan benar menggunakan
prosedur pengoperasian.
d. Pengaman yang tepat diset dan dipasang sesuai ke-perluan.
Pertemuan Ke- : 3 s/d 4
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Siswa dapat Mengasah alat-alat potong sederhana sesuai prosedur
 Siswa dapat Memasang dan Mencekam alat-alat pada mesin sesuai prosedur
 Siswa dapat Memahami pemilihan alat-alat untuk peker-jaan
 Siswa dapat Mengasah alat-alat potong sederhana.
 Siswa dapat Memasang dan mencekam alat-alat pada mesin.
 Siswa dapat Memasang alat pengaman
 Siswa dapat Mengasah alat-alat potong sederhana.
 Siswa dapat Memasang alat-alat pada mesin.
 Siswa dapat Memasang alat peng-aman

II. MATERI AJAR
• Pengidentifikasian pemilihan alat-alat untuk pekerjaan.
• Pengasahan alat-alat potong sederhana.
• Pemasangan dan pence-kaman alat-alat pada mesin.
• Pemasangan alat peng-aman

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.
d. Praktek.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
• Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
• Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
• Mengasah alat-alat potong sederhana sesuai prosedur
• Memasang dan Mencekam alat-alat pada mesin sesuai prosedur
• Memahami pemilihan alat-alat untuk peker-jaan
• Mengasah alat-alat potong sederhana.
• Memasang dan mencekam alat-alat pada mesin.
• Memasang alat pengaman
• Mengasah alat-alat potong sederhana.
• Memasang alat-alat pada mesin.
• Memasang alat peng-aman.
c. Kegiatan Akhir

• evaluasi materi yang telah diberikan.
• Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
• Modul M7.32A
• Job Sheet
• Mesin perkakas
• Alat potong
• Benda Kerja

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan
> Hasil Praktek




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar
Kompetensi Dasar : Mengoperasikan mesin
Indikator : 1. Bahan yang akan dimachining di posisikan dan di cekam.
2. Mesin dioperasikan secara tepat sesuai pekerjaan dan
material yang diperlukan.
Pertemuan Ke- : 5 s/d 6
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat Menerapkan sikap pencekaman benda kerja sesuai prosedur
• Siswa dapat Memahami alat-alat pencekam benda kerja
• Siswa dapat Melaksanakan metode pencekaman benda kerja
• Siswa dapat Melaksanakan pencekaman benda kerja.
• Siswa dapat Mengidentifikasi pengoperasian mesin.
• Siswa dapat Menerapkan keselamatan kerja dalam mengopersikan mesin
• Siswa dapat Mengidentifikasi dan penye-telan kecepatan potong/putaran
• Siswa dapat Menjepit benda kerja pada mesin
• Siswa dapat Mengidentifikasi dan mengopersikan mesin.
• Siswa dapat Mengidentifikasi keselamatan kerja dalam mengopersikan mesin
• Siswa dapat Mengidentifikasi dan menyetel kecepatan potong/putaran

II. MATERI AJAR
• Peralatan pencekam benda kerja
• Metode pencekaman benda kerja
• Pencekaman benda kerja.
• Pengidentifikasian mengopersi--kan mesin.
• Keselamatan kerja dalam mengopersikan mesin
• Pengidentifikasian dan penye-telan kecepatan potong/ putaran

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.
d. Praktek.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
• Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
• Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
• Menerapkan sikap pencekaman benda kerja sesuai prosedur
• Memahami alat-alat pencekam benda kerja
• Melaksanakan metode pencekaman benda kerja
• Melaksanakan pencekaman benda kerja.
• Mengidentifikasi pengoperasian mesin.
• Menerapkan keselamatan kerja dalam mengopersikan mesin
• Mengidentifikasi dan penye-telan kecepatan potong/putaran
• Menjepit benda kerja pada mesin
• Mengidentifikasi dan mengopersikan mesin.
• Mengidentifikasi keselamatan kerja dalam mengopersikan mesin
• Mengidentifikasi dan menyetel kecepatan potong/putaran
c. Kegiatan Akhir
• evaluasi materi yang telah diberikan.
• Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
• Modul M7.32A
• Job Sheet
• Mesin perkakas
• Alat potong
• Benda Kerja

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan
> Hasil Praktek


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar
Kompetensi Dasar : Memeriksa komponen yang telah selesai
Indikator : Komponen yang telah dimachining dicek sesuai dengan
persyaratan dan keinginan akhir.
Pertemuan Ke- : 7 s/d 8
Alokasi Waktu : 20 JP
________________________________________

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa Dapat Mengukuran benda benda kerja sesuai prosedur
• Siswa Dapat Memeriksa ukuran benda kerja.
• Siswa Dapat Memeriksa permukaan benda kerja.

II. MATERI AJAR
• Pemeriksaan ukuran benda kerja.
• Pemeriksaan permukaan benda kerja.

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah.
b. Tanya Jawab.
c. Pengerjaan Soal-soal latihan.
d. Praktek.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
• Melakukan pre test dari materi pertemuan sebelumnya.
• Mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.
b. Kegiatan Inti
• Mengukuran benda benda kerja sesuai prosedur
• Memeriksa ukuran benda kerja.
• Memeriksa permukaan benda kerja.
c. Kegiatan Akhir
• evaluasi materi yang telah diberikan.
• Pemberian pekerjaan rumah.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
• Modul M7.32A
• Job Sheet
• Mesin perkakas
• Alat potong
• Benda Kerja

VI. PENILAIAN
> Tertulis
> Pengamatan
> Hasil Praktek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar